Komisi Informasi Provinsi Kaltim

Kunjungan Kerja KI Kaltim ke KPU RI

Kunjungan kerja KI Kaltim ke KPU pusat Jakarta (27 pebruari 2017) dalam rangka keterbukaan informasi publik pemilu dan pemilukada. Rombongan KI Kaltim terdiri dari 4 orang komisioner : M.Imron Rosyadi, M. Khaidir, Lilik Rukitasari, HM Balfas Syam di dampingi Sekretaris Diskominfo Kaltim Hj. Eka Wahyuni dan kasub perencanaan Hj. Normalina serta staf sekretariat KI Kaltim M. Aulia Fadholi. Rombongan diterima Komisioner KPU pusat dan staf sekretariat KPU pusat.
 
berita terkait :
KI Kaltim Sambangi KPU untuk Perkaya Informasi
Jakarta, kpu.go.id – Pimpinan Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan audiensi terkait penyebaran informasi pemilihan kepala daerah (pilkada) dan pemilihan umum (pemilu).
Rombongan diterima Komisioner KPU Viryan dan dihadiri Ketua KI Kaltim, Muhammad Imron Rosyadi, Wakil Muhammad Khaidir anggota Lilik Lukitasari serta Hibbu Mida Balfas Syam.
Dalam sambutannya Viryan menyampaikan komitmen lembaganya untuk terus menjunjung keterbukaan informasi sebagai kebutuhan bagi masyarakat. Menurut dia dalam beberapa waktu terakhir lembaganya telah melakukan sejumlah pertemuan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Komisi Informasi Pusat (KIP) untuk merumuskan informasi yang bisa disampaikan dan tidak disampaikan kepada masyarakat. “Kami sedang melakukan upaya kerjasama KPU, Bawaslu, KIP, sedang ada pembicaraan, pembahasan endingnya kerjasama terstruktur, kami lakukan pertemuan berkala,” ujar Viryan di Gedung KPU Selasa (27/2/2018).
Viryan meyakini dengan pertemuan ini kerja penyelenggara pemilu terkait keterbukaan informasi dapat lebih terukur dan efisien. “Dengan pola ini diharapkan kerja kita jadi lebih efisien,” kata Viryan.
 
Dalam kesempatan itu, Viryan juga mencontohkan sejumlah terobosan KPU yang memudahkan masyarakat untuk mengetahuinya. Seperti yang baru dilakukan KPU terkait pemutakhiran daftar pemilih. Melalui sistem data pemilih (sidalih), KPU menurut dia berupaya untuk bersikap terbuka kepada masyarakat. “Kebetulan kami sudah rapat kordinasi (rakor) seminggu, dan memang daftar pemilih ini sekarang banyak menarik perhatianmasyarakat. Dan untuk pilkada 2018 ini kita tambah aksesnya tidak hanya format pdf, tapi exel juga bisa,” tambah Viryan.
 
Sementara itu Muhammad Imron Rosyadi mengangap perlu kegiatan audiensi ini mengingat banyak kasus yang membutuhkan pemahaman lebih dari lembaganya terkait tahapan pelaksanaan pilkada maupun pemilu. “Kami sebagai KI Kaltim kalau ada sengketa ditingkat prov, kab/kota kami yang tangani,” ujar Rosyadi.
 
Dia juga berharap kedatangannya ke Kantor KPU bisa mendapat bekal informasi yang cukup untuk dibawa ke daerahnya nanti. Mengingat sifat informasi yang menurut dia selalu berkembang dan bisa berubah dengan cepat. “Kalau boleh nanti kami diberi alamat email sehingga kalau ada sengketa pemilu kami bisa dapat informasi itu,” tambah Rosyadi. (hupmas dianR/foto eiam) http://kpu.go.id/index.php/post/read/2018/5643/KI-Kaltim-Sambangi-KPU-untuk-Perkaya-Informasi/berita

 

%d blogger menyukai ini: